• Breaking News

    Wednesday, February 24, 2010

    AVATAR


    The Twilight Saga: New Moon nyaris mematahkan rekor box office Spider-Man 3 dan The Dark Knight. Tapi Twilighter mulai mendapatkan pesaing berat, Avatar. Film yang ditunggu lantaran pembuatannya yang begitu lama dan mencari bukti tangan dingin James Cameron, tak pelak bikin banyak orang penasaran. Bukan hanya kritikus film, tapi penonton yang ngeh siapa itu Jim, si pembuat Titanic nan romantis dan megah itu.

    Kalau di pekan pertamanya Avatar “hanya” kebagian 77 juta dollar, sebenarnya itu lumayan bagus. Apalagi kalau melongok perolehan box office di seluruh dunia. Meski Indonesia tak punya catatan resmi, paling tidak suasana di bioskop bisa menjadi tolok ukur. Sepekan setelah diputar, Avatar masih menarik minat penonton. Antrean mungkin tak kelihatan panjang, tapi guna mendapatkan lokasi duduk di bagian yang nyaman, sedikit sulit. Mereka yang penasaran dengan kecanggihan teknologinya hingga merasa perlu menonton di dua versi -- termasuk 3D, yang penasaran dengan film buah tangan Jim setelah bertapa 12 tahun, juga mereka yang penasaran dengan ceritanya yang sarat pesan, rela kembali menonton.



    Berdasarkan catatan LA Times, Avatar, Sherlock Holmes, dan Alvin and the Chipmunks: The Squeakqueal memecahkan rekor penjualan tiket untuk Amerika Utara dan Kanada. Selama 3 hari akhir pekan Natal (Jumat-Minggu) tercatat hingga 278 juta dollar, melampaui angka 261 juta dollar yang dicapai dalam 3 hari pada Juli 2008, ketika The Dark Knight mengawali debutnya di bioskop. Terlihat dari pembagian penonton di 3 film tadi yang masing-masing mencapai lebih dari 50 juta dollar.

    Hingga awal pekan lalu, Avatar berhasil mengumpulkan 212,3 juta dollar di Amerika dan Kanada. Secara global, hasilnya juga bagus, termasuk rilis di Jepang dengan angka spektakuler. Hitung-hitungan totalnya tercatat 617,3 juta dollar dalam waktu 10 hari! Dengan demikian bukan tidak mungkin Avatar akan menjadi satu dari 4 film sepanjang sejarah yang bakal mencapai angka 1 miliar dollar. Well, 20th Century Fox boleh lega karena gelontoran dollar yang diyakini hampir mencapai 450 juta dollar (termasuk pemasaran), kini terganjar setimpal.

    Fox juga mendapat hadiah Natal membahagiakan dengan laba besar hasil penjualan Alvin. Dibikin dengan bujet 70 juta dollar, di minggu pertama film ini menghasilkan 77,1 juta dollar! “Saya ingat saat merilis Avatar dan Alvin selang 5 hari, saya sedikit gugup,” beber Bert Livingston, petinggi Fox yang mengurusi distribusi. Kedua film produksi Fox ini mendapat tantangan dari Sherlock Holmes, film yang dibikin Warner Bros. dengan bujet 90 juta dollar. “What a weekend,” lanjut Bert. “Kalau film di peringkat ketiga mencapai 50 juta dollar (di box-office), berarti itu pekan yang hebat.” Sementara film Nine, yang bermodal “cemerlang” dengan jajaran pemain ternama, terpuruk, meski hasilnya masih bagus di kawasan perkotaan. Film yang rencananya bakal rilis pada pertengahan Januari di Indonesia ini mendapat pesaing berat beberapa film bagus tadi. Di minggu-minggu mendatang -- artinya awal tahun -- mestinya memberikan sedikit cahaya bagi perolehan box office.

    Akhir pekan di ujung tahun lalu bagi Fox sepertinya makin mengukuhkan niat Jim untuk melanjutkan petualangan Jake Sully. Sebelumnya Jim sudah berniat membuat sekuel Avatar. Masalahnya, ending filmnya tak seperti Sherlock Holmes yang jelas-jelas memberi kesan bakal ada kasus baru. Bagaimana Jim bisa mengembangkan ceritanya? Walau enggan menjawab soal ini, pada LA Times Jim memberi sedikit bocoran. Di sekuelnya nanti, Avatar sangat mungkin meninggalkan Pandora. Mengingat Pandora merupakan satelit (baca: bulan) dan di dalam filmnya Anda bisa melihat bulan-bulan yang lain, LA Times meyakini, petualangan Jake berlanjut di salah satu bulan atau planet yang mana Pandora menjadi bulannya.

    “Planet yang jadi orbit Pandora bernama Polyphemus dan menjadi yang utama dalam sistem bulan seperti dalam sistem tata surya kita. Kami punya ide bagaimana jika mengembangkan cerita hingga ke bulan Polyphemus lainnya dan sistem tata surya Alpha Centauri A (ACA),” papar Jim. Hmm, penasaran, kan. Apakah manusia nantinya akan bertualang ke bulan lain? Atau hanya Jake dan teman-teman satu “suku” dengannya? Sabar deh…

    Sumber : http://www.tabloidbintang.com

    No comments:

    Post a Comment

    Pengikut

    About Me

    My Photo
    Sandy Widayanto
    Coretan seorang mahasiswa akuntansi yang bekerja untuk kuliah ..
    View my complete profile

    Total Pageviews