Monday, January 26, 2015

Perkembangan Koperasi di Indonesia #Softskill

       Perkembangan koperasi di Indonesia sebenarnya sudah dimulai jauh sebelum tahun 1945. Koperasi mulai ada di Indonesia sejak zaman Belanda pada 1896. Sebagai sebuah bentuk badan usaha di negara terjajah, koperasi tidak berkembang Koperasi baru berkembang setelah Indonesia merdeka. Sebagai perwujudan dari pasal 33 UUD 1945, semangat berkoperasi di kalangan rakyat Indonesia sangat tinggi.” (Imamul Arifin)

     Setelah era kemerdekaan di Indonesia, koperasi mulai perlahan menunjukkan perubahan. Pada tanggal 12 Juli 1947, gerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi pertama kalinya di Tasikmalaya. Pada hari itu pula kemudian ditetapkanlah sebagai Hari Koperasi Indonesia.”(Mundi T  N)

     Melihat sejarah dan perkembangan koperasi di Indonesia tersebut, kita diharapkan dapat terus memajukan dunia perkoperasian di Indonesia dengan pesat seiring dengan perkembangan zaman dan tetap mempertahankan citra koperasi sebagai salah satu lembaga yang memajukan perkembangan perekonomian di Indonesia. (Mundi T N)

Daftar Pustaka :

                                 Arifin, Imamul. 2007. Membuka Cakrawala Ekonomi. Bandung: PT Setia Purna Inves.
http://kopmaugm.ukm.ugm.ac.id/identitas-koperasi-di-indonesia/

Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...