• Breaking News

    Wednesday, June 25, 2014

    Penyakit Umum Perekonomian Negara Berkembang India

    Assalamu'alaikum lagi juragan juraganwati ??
     
     
    Kali ini saya akan membahas penyakit-penyakit kronis ekonomi yang bisa dijangkit oleh negara manapun tanpa terkecuali, yaitu pengangguran dan inflasi. Disini saya akan membahas dan menganalisa secara spesifik tingkat pengangguran dan inflasi yang ada di negara India.
     
     
     
     PENGANGGURAN
     
     
    Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Orang yang tidak sedang mencari kerja contohnya seperti ibu rumah tangga, siswa sekolah smp, sma, mahasiswa perguruan tinggi, dan lain sebagainya yang karena sesuatu hal tidak/belum membutuhkan pekerjaan.. Di negara maju pun pengangguran tidak luput menjadi salah satu pokok permasalahan pemerintah setempat apalagi dengan Negara yang baru berkembang seperti India.
     
     
    setelah melihat diagram diatas walaupun India bisa menurunkan tingkat penganguran di tahun 2012, tapi ane yakin Pengangguran masih jadi masalah di Negara berkembang ini. Setidaknya india telah berhasil menurunkan hampir 50 % tingkat penganguran. dari 41750 pada tahun 2010 menjadi 24861 pada awal tahun 2012. Semoga Indonesia bias mencontoh keberhasilan India ini dalam menurunkan tingkat pengangguran. aamiin.
      
      
    Tingkat pengangguran itu sendiri sebenarnya dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
     
      • Pengangguran Friksional / Frictional Unemployment\ adalah pengangguran yang sifatnya sementara yang disebabkan adanya kendala waktu, informasi dan kondisi geografis antara pelamar kerja dengan pembuka lamaran pekerjaan.
      • Pengangguran Struktural / Structural Unemployment adalah keadaan di mana penganggur yang mencari lapangan pekerjaan tidak mampu memenuhi persyaratan yang ditentukan pembuka lapangan kerja. Semakin maju suatu perekonomian suatu daerah akan meningkatkan kebutuhan akan sumber daya manusia yang memiliki kualitas yang lebih baik dari sebelumnya.
      • Pengangguran Musiman / Seasonal Unemployment adalah keadaan menganggur karena adanya fluktuasi kegiaan ekonomi jangka pendek yang menyebabkan seseorang harus nganggur. Contohnya seperti petani yang menanti musim tanam, tukan jualan duren yang menanti musim durian.
      • Pengangguran Siklikal adalah pengangguran yang menganggur akibat imbas naik turun siklus ekonomi sehingga permintaan tenaga kerja lebih rendah daripada penawaran kerja.
     
     
          Kiat kiat Pemerintah India untuk mengurangi penganguran ialah dengan cara mengalihkan masyarakat ke lapangan pekerjaan non-pertanian. Hal yang mendasar adalah kita perlu lebih banyak pekerjaan yang produktif. India kehilangan kesempatan dalam sektor manufaktur intensif buruh. Kita tidak dapat melakukannya dalam semalam. Namun dalam jangka menengah, kita harus beralih ke sektor manufaktur,

     Pemerintah telah menjanjikan norma-norma baru untuk mengidentifikasi warga miskin dan lebih banyak program untuk melawan malnutrisi tingkat tinggi di negara itu. Di antara program-program itu adalah sebuah langkah ambisius untuk menyediakan makanan berbasis biji-bijian bersubsidi tinggi bagi hampir duapertiga populasi. 
     
     
     
     
     
    INFLASI
     
    Secara sederhana inflasi diartikan sebagai meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Kenaikan harga dari satu atau dua barang saja tidak dapat disebut inflasi kecuali bila kenaikan itu meluas (atau mengakibatkan kenaikan harga) pada barang lainnya. Kebalikan dari inflasi disebut deflasi.
     
    Indikator yang sering digunakan untuk mengukur tingkat inflasi adalah Indeks Harga Konsumen (IHK). Perubahan IHK dari waktu ke waktu menunjukkan pergerakan harga dari paket barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat. Sejak Juli 2008, paket barang dan jasa dalam keranjang IHK telah dilakukan atas dasar Survei Biaya Hidup (SBH) Tahun 2007 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kemudian, BPS akan memonitor perkembangan harga dari barang dan jasa tersebut secara bulanan di beberapa kota, di pasar tradisional dan modern terhadap beberapa jenis barang/jasa di setiap kota.
     
    Indikator inflasi lainnya berdasarkan international best practice antara lain:
    1. Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB). Harga Perdagangan Besar dari suatu komoditas ialah harga transaksi yang terjadi antara penjual/pedagang besar pertama dengan pembeli/pedagang besar berikutnya dalam jumlah besar pada pasar pertama atas suatu komoditas. [Penjelasan lebih detail mengenai IHPB dapat dilihat pada web site Badan Pusat Statistik www.bps.go.id]
    2.  
    3. Deflator Produk Domestik Bruto (PDB) menggambarkan pengukuran level harga barang akhir (final goods) dan jasa yang diproduksi di dalam suatu ekonomi (negeri). Deflator PDB dihasilkan dengan membagi PDB atas dasar harga nominal dengan PDB atas dasar harga konstan
    Masalah inflasi yang terjadi di India ini bahkan sampai diangka 8,43 angka inflasi yang lebih tinggi dibanding beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut terjadi akibat dua hal utama yang menjadi pokok utama naiknya angka inflasi yaitu harga pangan dan harga minyak yang bersamaan naik secara drastis.
     
    selain itu komoditas lain seperti manufactur, bahan bakar minyak, dan juga pelumas diesel juga ikut naik dengan masing-masing mencapai 4,5 %, 3%, dan 6%
     
    Meskipun begitu fundamental dasar perekonomian Negara India sendiri masih dapat terjaga kuat. Untuk mengatasi masalah inflasi, perdana mentri India melakukan beberapa peningkatan terhadap beberapa produksi dari beberapa komoditas yang bertujuan untuk memenuhi tingginya permintaan yang didasari oleh pendapatan masyarakat India.
     
     
         Jika di lihat dari parah tidaknya suatu negara dapat di lihat sebagai berikut :

         Inflasi ringan jika nilainya berkisar                 0 %  s/d  10%
         Inflasi sedang jika nilainya berkisar              10 % s/d   30%
         Inflasi berat jika nilainya berkisar                 30 % s/d  100%
         Hyperinflasi jika nilainya                              > 100%  
     
    Bisa dilihat dari diagram diatas laju inflasi India pada bulan juli sebesar 9,64 % dan inflasi tertinggi terjadi pada bulan November 2013 yakni 11,16% dan terendah terjadi pada bulan Februari 2014 yakni hanya 8,03%. Jika dilihat dari digram diatas maka pertumbuhan inflasi di Negara berkembang India ini adalah ringan karana berkisar antara 0 - 10%.
    Mungkin Cuma ini yang ane bisa kupas tentang permasalahan yang terjadi di Negara berkembang ini yakni India. ane harap ente semua bisa belajar dari India yang sedikit demi sedikit bisa memulihkan permasalahan ekonomi di negaranya dengan caranya sendiri yang patut ditiru oleh Indonesia. O ya gan ane lupa bentar lagi kan pemilu presiden ane sangat berharap pemimpin kita nanti bisa memecahkan permasalahan ekonomi yang terjadi di Indonesia. aamiin

    Sunber :
     

    1 comment:

    Pengikut

    About Me

    My Photo
    Sandy Widayanto
    Coretan seorang mahasiswa akuntansi yang bekerja untuk kuliah ..
    View my complete profile

    Total Pageviews