Travel, Fiksi, Movie, Ekonomi.

Thursday, June 11, 2009

Ringkasan Harry Potter 7

Buku ketujuh diawali dengan Voldemort dan para Pelahap Mautnya di rumah Lucius Malfoy,yang merencanakan untuk membunuh Harry Potter sebelum ia dapatbersembunyi kembali. Meminjam tongkat sihir Lucius, Voldemort membunuhtawanannya, Profesor Charity Burbage, guru Telaah Muggle di Hogwarts,atas alasan telah mengajarkan subyek tersebut dan telah menganjurkanagar paradigma kemurnian darah penyihir diakhiri.

Harry telah siap untuk melakukan perjalanannya dan membaca obituari Albus Dumbledore;dan terungkaplah bahwa ayah Dumbledore, Percival, adalah seorangpembenci non-penyihir dan telah menyerang tiga Muggle, dan meninggal diPenjara Azkabanatas kejahatannya. Harry kemudian meyakinkan keluarga Dursley bahwamereka harus segera meninggalkan rumah mereka untuk menghindarkan diridari para Pelahap Maut. Keluarga Dursley kemudian pergi menyembunyikandiri dengan dikawal sepasang penyihir setelah sebelumnya Dudleymelontarkan pengakuan bahwa ia peduli akan Harry.

Bersama-sama dengan anggota Orde Phoenix, Harry kemudian pergi dari rumah Dursley ke The Burrow. Dalam perjalanan itu,
Hedwig, burung hantu Harry, terbunuh oleh kutukan pembunuh; George Weasley kehilangan sebelah telinganya akibat mantra Sectumsempra; Mad-Eye Moodydibunuh oleh Voldemort sendiri. Harry sendiri lolos ketika Voldemortmengejarnya setelah tongkat sihirnya bereaksi dengan sendirinya dengantongkat sihir pinjaman Voldemort, menghancurkannya, dan ia jugakemudian mendapatkan penglihatan ketika Voldemort menanyai Ollivandersi pembuat tongkat sihir, mengenai mengapa hal itu dapat terjadi.

Beberapa hari kemudian,
Menteri Sihir tiba di kediaman Weasley dan memberikan warisan Dumbledore untuk mereka: Deluminatoruntuk Ron (alat seperti korek api yang dapat memadamkan cahaya); bukumengenai kisah anak-anak untuk Hermione; dan untuk Harry, pedang Godric Gryffindor dan snitchpertama yang ditangkap Harry. Namun demikian, pedang tersebut ditahan,karena menurut kementerian pedang tersebut bukanlah milik Dumbledore.Ketiganya berusaha mencari tahu apa dibalik ketiga benda yang diberikankepada mereka itu. Sehari kemudian adalah hari pernikahan FleurDelacour dan Bill Weasley.

Setelah diberitakan bahwa Voldemort telah berhasil mengambil alih Kementerian Sihir; Harry, Ron, dan Hermione kemudian bersembunyi di Grimmauld Place nomor 12, rumah yang diwariskan Sirius Black kepada Harry. Ketiganya kemudian menyadari bahwa inisial R.A.B.pada liontin yang didapatkan Dumbledore dan Harry dalam buku keenamadalah Regulus Arcturus Black, adik Sirius. Mereka mulai mencariHorcrux yang dicuri Regulus di rumah keluarga Black itu. Dari Kreacher,mereka mengetahui bahwa ia telah membantu Regulus untuk mendampingiVoldemort menempatkan Horcrux berbentuk liontin itu di gua. KetikaRegulus merasa kecewa dengan Voldemort, ia memerintahkan Kreacher untukkembali ke gua dan menukar liontin dengan yang palsu. Regulus terbunuhdalam proses itu. Pada akhirnya, mereka bertiga menyadari bahwa Mundungus Fletcher telah mencuri liontin tersebut dan kemudian dirampas oleh Dolores Umbridge.

Setelah selama satu bulan memata-matai Kementerian Sihir, ketiganyaberhasil mengambil Horcrux dari Umbridge. Dalam prosesnya, tempatpersembunyian mereka diketahui dan terpaksa melarikan diri ke daerahterpencil, berpindah dari satu tempat ke tempat lain, dan tidak dapatlama tinggal di suatu tempat.

Dalam waktu beberapa bulan berpindah-pindah, mereka mendengar bahwapedang Godric Gryffindor sebenarnya adalah palsu, dan ada yangmelakukan sesuatu terhadap pedang aslinya. Dari Phineas Black, Harrymendapatkan bahwa pedang itu terakhir kali digunakan Dumbledore untukmenghancurkan salah satu Horcrux, Cincin Gaunt. Ron kemudian berselisihpaham dengan Harry, dan pergi meninggalkan Harry dan Hermione. Harrydan Hermione kemudian pergi ke Godric's Hollow untuk mencari tahu apakah Dumbledore telah meninggalkan pedang itu di sana.

Di Godric's Hollow, keduanya mengunjungi tempat pemakaman keluargadi mana keluarga Potter dan Dumbledore dikuburkan. Di Godric's Holow,mereka juga menemui
Bathilda Bagshot,seorang teman lama Dumbledore yang mengarang buku Sejarah Sihir. Dirumah Bagshot mereka menemukan gambar penyihir hitam Grindelwald, sanakBagshot, yang pada masa lalu adalah kawan masa kecil Albus Dumbledore.Namun demikian, ternyata mereka terperangkap, karena "Bagshot" itumerupakan penjelmaan ular Voldemort, Nagini. Mereka berhasil melarikan diri dari Voldemort, tetapi tongkat sihir Harry hancur dalam kejadian itu.

Dalam pelarian mereka, Harry akhirnya menemukan bahwa pedang GodricGryffindor tersembunyi di sebuah kolam beku di tengah sebuah hutanberkat bantuan patronus berbentuk kijang. Dia menyelam ke dalamnyauntuk mendapati pedang tersebut. Kalung Horcrux mencoba mencekik Harrydan hampir menenggelamkannya hingga mati kalau tidak ditolong oleh Ronyang kembali. Keduanya menghancurkan Horcrux dengan pedang itu.

Ketiganya kemudian berbicara kepada
Xenophilius Lovegood, ayah Luna Lovegood,dan menanyakan kepada mereka mengenai lambang Grindelwald yang telahberkali-kali muncul selama perjalanan mereka. Di rumah Lovegood, Harry,Ron, dan Hermione mendapatkan kisah penyihir kuno mengenai tigabersaudara yang mengalahkan kematian, dan masing-masing mendapatkanbenda sihir sebagai hasilnya - tongkat sihir yang tak terkalahkan (Elder Wand—tongkat sihir tetua), batu sihir yang dapat menghidupkan kembali yang telah mati (Resurrection Stone—batukebangkitan), dan Jubah Gaib (jubah tembus pandang) yang tidak lekangoleh waktu. Harry menyadari bahwa jubah yang dimilikinya adalah adalahJubah Gaib, dan segera menemukan bahwa Lovegood telah berkhianat danmenyerahkan mereka ke Kementerian. Luna, putrinya, telah ditawan danXenophilius berpikir untuk menyerahkan Harry Potter sebagai gantitawanan. Ketiganya meloloskan diri dan berpikir untuk mengumpulkanketiga benda sihir Deathly Hallows, untuk mengalahkan Voldemort.

Harry, Ron, dan Hermione kemudian tertangkap oleh kelompok Snatcheryang diketuai oleh Fenrir Greyback, karena menyebut nama Voldemort(nama itu sudah dimantrai untuk mendeteksi para penyebutnya) dan dibawake rumah Malfoy. Di sana, Hermione disiksa dan diinterogasi oleh
Bellatrix Lestrangeuntuk mengetahui bagaimana mereka memperoleh pedang Godric Gryffindor,karena ia berpikir bahwa mereka telah mencurinya dari lemari besinya diGringotts. Di bawah tanah, Harry dan Ron dipenjarakan bersama-samadengan Dean Thomas, goblin Griphook, pembuat tongkat sihir Ollivander, dan Luna Lovegood. Harry berusaha mencari pertolongan dan Dobbymuncul untuk menyelamatkannya. Dalam usaha meloloskan diri, merekadihadang Wormtail yang kemudian terbunuh karena tercekik oleh tanganperak Wormtail yang dibuat Voldemort tanpa berhasil ditolong oleh Rondan Harry, sebagai balasan dari hutang budi dari tahun ketiga Harry diHogwarts. Mereka berdua kemudian menolong Hermione dengan bantuanDobby, yang tewas dibunuh oleh Bellatrix.

Harry dan kedua sahabatnya kemudian berusaha mencari rencana baru. Ia menanyai Ollivander mengenai Elder Wanddan mendapati bahwa pemilik terakhirnya adalah Dumbledore. DibantuGriphook, Hermione menyamar sebagai Bellatrix Lestrange danbersama-sama Harry dan Ron memasuki lemari besi Bellatrix di BankGingrott's. Di sana mereka menemukan satu lagi Horcrux, pialaHufflepuff. Griphook kemudian mengkhianati mereka dan melarikan diridan membawa pedang Godric Gryffindor. Harry, Ron, dan Hermione berhasilmelarikan diri, tetapi pada saat yang bersamaan Voldemort menyadaribahwa mereka mencari Horcrux-Horcruxnya.

Harry mendapatkan penglihatan segera setelah pelarian mereka; iadapat melihat melalui mata Voldemort dan mengetahui pikirannya.Voldemort akan mendatangi tempat-tempat Horcurxnya disembunyikan danmengetahui bahwa mereka telah lenyap dan hancur. Secara tidak sengaja,Voldemort mengungkapkan bahwa Horcrux terakhir berada di Hogwarts.Ketiganya segera pergi ke
Hogsmeade untuk mencari jalan masuk ke sekolah Hogwarts. Di Hogsmeade, mereka disudutkan oleh para Pelahap Maut dan diselamatkan oleh Aberforth Dumbledore. Aberforth membuka jalan terowongan ke Hogwarts di mana mereka disambut oleh Neville Longbottom.Pada saat menyelamatkan jiwa Draco Malfoy, Harry menemukan MahkotaRavenclaw yang merupakan Horcrux itu tersembunyi di Kamar Kebutuhan danbenda itu dihancurkan.

Di Shrieking Shack, mereka mendapati Voldemort membunuh
Severus Snape dengan tujuan untuk menguasai kekuatan Elder Wandkepada dirinya sendiri. Dalam keadaan sekarat, Snape memberikanmemorinya kepada Harry. Dari memori itu terungkap bahwa Snape selamaini berada di pihak Dumbledore, didorong dengan cinta seumur hidupnyakepada Lily Potter. Snape telah diminta Dumbledore untuk membunuhdirinya jika situasinya mengharuskan demikian; karena bagaimanapun jugahidupnya tidak akan lama lagi akibat kutukan yang terdapat di HorcruxCincin Gaunt. Selanjutnya, terungkap pula bahwa Harry adalah Horcruxterakhir Voldemort, dan ia harus mati juga sebelum Voldemort dapatdibunuh. Pasrah akan nasibnya, Harry mengorbankan diri dan Voldemortmelancarkan kutukan untuk membunuhnya. Kemudian Harry tersadar ditempat yang mirip dengan stasiun King Cross, dan Dumbledoremendatanginya. Dumbledore mengatakan bahwa Harry sebenarnya adalahpemilik dari Deathly Hallows, dan kutukan Avada Kedavra itu malahmenghancurkan bagian dari jiwa Voldemort yang terdapat di tubuhnya.Pada saat ini Dumbledore memberikan pilihan pada Harry, apakah diaingin meneruskan pada kematian, atau kembali hidup ke dunia. Harrymemilih kembali ke dunia, dan tersadar. Pada akhirnya, setelah Naginidibunuh oleh Neville, Voldemort kemudian terbunuh setelah mencobamenggunakan Kutukan pembunuh Avada Kedavra terhadap Harry. Kutukan ituberbalik menyerang Voldemort sendiri setelah Elder Wand menolakmembunuh tuannya (Harry) sendiri.

Dalam kisah di akhir buku, pada tahun
2017, 19 tahun setelah Pertempuran di Hogwarts, Harry dan Ginny Weasleytelah memiliki tiga anak bernama James, Albus Severus, dan Lily.Neville Longbottom telah menjadi guru Herbologi di Hogwarts. Ron danHermione telah memiliki dua anak bernama Rose dan Hugo. Draco Malfoymemiliki anak bernama Scorpius. Mereka seluruhnya bertemu di stasiuskereta api King's Cross, untuk mengantar anak-anak mereka bersekolah keHogwarts. Di sana diungkapkan bahwa bekas luka Harry tidak pernah sakitlagi setelah kekalahan Pangeran Kegelapan.

Created by : Blog Dianomino
http://blog.bukukita.com/users/dianomino/?postId=1299

No comments:

Post a Comment

Pengikut

About Me

My Photo
Sandy Widayanto
Coretan seorang mahasiswa akuntansi yang bekerja untuk kuliah ..
View my complete profile

Total Pageviews