Travel, Fiksi, Movie, Ekonomi.

Friday, October 1, 2010

Laporan PRAKERIN HOTEL REKSO HAYAM WURUK

Menjadi operator warnet mempunyai beribu pengalaman, salah satunya saya akan ceritakan di blog ini. semoga artikel ini bisa bermanfaat. amin.

sekelompok remaja putri dari salah satu sekolah ternama yang tidak bisa saya sebutkan namanya singgah ke warnet, kirain ingin chat biasa anak sekarang hoohoo. tetapi tidak, dia menyodorkan dua buah laporan PRAKERIN untuk saya ketik. pertama saya berpikir boleh tidak ya jika saya membantu dia ?????? bismillah mudah-mudahan halal. akhirnya saya pun mengerjakannya walaupun masih bimbang saya ketik kata demi kata, dan akhirnya selesai juga. alhamdulillah. heheh

buat para pembaca yang penasaran isi laporan tersebut, berikut laporannya :


BAB I

PENDAHULUAN

1.1. TUJUAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI

Pada dasarnya praktek kerja industri ditujukan untuk menambah wawasan sekaligus pengalaman tentang suatu bidang yang ditekuni. Tujuan akhir dari itu adalah agar kitadapat menerapkan dan mengembangkan keahlian kita di dunia kerja yang sesungguhnya dengan kata lain kita akan dapat :

· Menerapkan ilmu yang didapat disekolah, dilapangan praktek kerja.

· Mendapatkan ilmu yang dapat berguna.

· Mempunyai gambaran tentang kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK bagi perusahaan, sehingga dapat memacu kita untuk menyiapkan diri sedini mungkin.

· Mengembangkan kepribadian, melatih diri dalam melaksanakan suatu pekerjaan

· Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab dari pekerjaan yang telah diberikan

1.2. TUJUAN PENULISAN LAPORAN

Sekolah melaksanakan praktik kerja industri, maka siswa diwajibkan untuk membuat laporan. Adapun tujuan yang hendak dicapai penulis adalah sebagai berikut :

· Untuk memenuhi syarat mengikuti UN/UAS.

· Sebagai tanda bukti ahwa penulis telah melaksanakan Praktik Kerja Indutri (PRAKERIN).

· Untuk menambah pengetahuan penulis tentang cara penyusunan karya tulis.

· Bukti bahwa penulis dapat mengungkapkan pikiran dalam bentuk tulisan.

1.3. METODE PENULISAN LAPORAN

Setelah penulis melaksanakan prakerin, penulis ditugaskan membuat laporan tentang praktik yang telah dilaksanakan. Adapun metode penulis gunakan adalah sebagai berikut :

· Interview yaitu pelaksanaan dengan cara bertanya langsung dengan karyawan perusahaan (face to face).

· Observasi yaitu pelaksanaan dengan cara perkenalan langsung dengan dunia industri.

· Perpustakaan yaitu pelaksanaan dengan mencari sumber materi yang berkaitan dengan prakerin.

1.4. TUJUAN PELAKSANAAN PRAKERIN

Praktik Kerja Industri dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana ilmu yang penulis dapatkan dari dunia industry, dengan ilmu yang didapatkan dari sekolah sangat jauh beda. Di dunia industri penulis tidak hanya melihat cara kerjanya saja, tetapi penulis dapat mempraktekkannya langsung. Selama enam bulan penulis melaksanakan prakerin sehingga penulis dapat mengembangkan teori yang didapat dan juga dapat mempraktekkannya. Dunia industri tidak hanya dituntut pada pengetahuan tetapi keterampilan juga dapat sangat dibutuhkan.

1.5. ALASAN PEMILIHAN JUDUL

Setelah penulis mengikuti masa on the job training penulis dapat mengamati, mempelajari, serta memahami pengalaman yang penulis dapatkan dimana penulis on the job training. Penulis mengambil Housekeeping departemen selama penulis melakukan training di Hotel Mercure Rekso Hayam Wuruk. Untuk itu penulis berusaha untuk memberikan tema/judul yang terbaik dalam karya tulis dengan judul “PERANAN HOUSEKEEPING DI HOTEL MERCUE REKSO HAYAM WURUK JAKARTA BERAT”. Alasan penulis memberikan judul ini adalah karena penulis menyadari bahwa peranan housekeeping sangatlah penting guna menunjang keberhasilan sebuah hotel.

1.6. SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN

Dalam sistematikaa penulisan laporn ini dibagi menjadi bab demi bab, secara terpisah dan terperinci sehingga memudahkan pembaca untuk memahami serta mengambil mengambil kesimpulan dari makalah yang penulis bahas. Sistematika laporan yang digunakan adalah sebagai berikut:

· BAB I PENDAHULUAN

Dalam hal ini penulis mengemukakan apa yang menjadi data dan analisis pemilihan judul, pengumpulan data yang diperlukan untuk penyusunan laporan.

· BAB II URAIAN UMUM

Dalam bab ini terdiri dari sejarah berdirinya hotel, organisasi atau struktur hotel, tata tertib kerja perhotelan, disiplin dan keselamatan kerja serta landasan teoritis.

· BAB III JURNAL KEGIATAN

Dalam bab ini terdiri dari program pelaksanaan prakerin diperhotelan, persiapan kerja seta proses kerja diperhotelan.

· BAB IV PENUTUP

Dalam bab ini terdiri dari kesimpulan dan saran-saran serta lampiran.





BAB II

URAIAN UMUM

2.1. SEJARAH HOTEL REKSO HAYAM WURUK

Hotel Mercure Rekso Hayam Wuruk berdiri di wilayah jakarat barat pada tanggal 15 November 1997, menempati wilayah yang sengat strategis dan mudah dijangkau. Hotel ini berdiri ditengah wilayah pusat perbisnisan Jakarta yaitu The Chinese Buisines Distric. Tempatnya hanya menempuh waktu 10 menit dari pusat perdagangan Glodok dan Mangga Dua Squere dan hanya 40 menit dari bandara Soekarno-Hatta. Hotel ini memiliki 241 kamar yang dirancang untuk memberikan layanan pribadi yang unik untuk para tamu serta memberikan kenyamanan bagi tamunya.




2.3. VISI DAN MISI HOTEL MERCURE

2.3.1. PERNYATAAN VISI

Dengan mengantisipasi positif situasi politik, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas keamanan hotel Mercure Rekso Hayam Wuruk akan berusaha meningkatka keuntungan dalm bidang usaha perhotelan ini dan berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam hal keramahan, pelayanan dan kenyamanannya diantara hotel-hotel lainnya yang terdapat di Jakarta.

2.3.2. PERNYATAAN MISI

Dengan misinya, Mercure Rekso Hayam Wuruk menjadi salah satu hotel yang megah diwilayah Jakarta Barat yang selalu berusaha untuk memperluas jaringan dengan menitikberatkan pada perhatian yang mendalam atas pelanggan dengan tujuan utama yaitu kepuasan pelanggan yang akan memberikan loyalitas bagi hotel ini.

2.4. DEPARTEMENT YANG TERDAPAT PADA HOTEL MERCURE REKSO

Hotel Mercure Rekso dalm pengelolaan usahanya memberikan pelayanan yang terdiri dari beberapa departemen yaitu :

· FRONT OFFICE DEPARTEMENT

Fungsi dari Front Office Departemen adalah menjual kamar dan memberikan jasa seperti :

1. Menyiapkan pelayanan informasi hotel.

2. Melayani tamu (check in / check out ).

3. Menyiapkan administrasi.

Front office ini merupakan kantor depan yang secara langsung n tamu hotel. Disamping itu front office juga merupakan pendukung kemajuan dan kelancaran suatu hotel.

· HOUSEKEEPING DEPARTEMENT

Housekeeping adalah suatu departemen yang tuganya mengatur serta merawat kebersihan, keindahan, kenyamanan serta keamanan di area hotel sehingga dapat member arti bagi tamu hotel.

· ACCOUNTING DEPARTEMENT

Adalah department yang bertanggung jawab atas kerja bagian keuangan. Adapun fungsi dari accounting adalah pengaturan pemasukan dan pengeluaran keuangan hotel.

· MARKETING DEPARTEMENT

Departemant ini bertugas mempromosikan hotel agar lebih dikenal, baik itu kamar, harga kamar, fasilitas maupun sarana lainnya.

· ENGINEERING DEPARTEMENT

Department ini yang menangani dekorasi atau menghias serta untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan disekitar hotel yang memerlukan tenaga-tenaga ahli terutama untuk perbaikan listrik dan elektronika.

· PERSONALIA DEPARTEMENT

Department ini bergerak di bagian penerimaan calon pegawai baru dan member training kepada pegawai dalam jangka waktu tertentu.

2.5. FASILITAS HOTEL

2.5.1. ACCOMODATION

Adapun fasilitas akomodasi yang terdapat dalam Mercure Rekso antara lain :

· 241 kamar

· Connecting Room (untuk keluarga)

· Ruangan Bebas Asap Rokok

· Teh dan Kopi

· Saluran Telepon Internasional

· AC pribadi

· Chanel TV satelit dan Local

· Mini Bar

· Meeting Room

2.5.2. SERVICE DAN FASILITAS

Setiap kamar yang tersedia mempunyai ukuran dan jenis yang berbeda. Adapun jenis kamar dibedakan bedasarkan kode kode tertentu antara lain.

· Superior Twin : TWNSU

· Superior Double : DBLU

· Deluxe : DBLX

· Executive Deluxe : DBLE

· Suites : SS

· Executive Suite : ES

· Presidential Suite : PS


LANTAI

TYPE KAMAR

NO KAMAR

LUAS

JUMLAH KAMAR

5 s/d 17

Superior Twin

03,04,06,10,16,21

29M

69

5 s/d 17

Superior Double

07,08,09,11,12,15,17,19

29M

94

5 s/d 17

Deluxe

01,02,05,14,18,23

35M

44

5 s/d 17

Executive Deluxe

01,02,18,23,26

56M

26

18

Suites

02,03,04,05,06

35 s/d 50M

5

18

Executive Suite

07,

78M

1

18

Presidential Suite

01,08

136M

2

ROOM TYPE AND CODE

CONNECTING ROOM

Floor

Room

Room

Room

Room

Room

Room

Remarks

No

Type

No

Type

No

Type









5-16

10

TWNSU

12

DBLU




17

10

TWNSU

12

DBLU

14

DBLX

GM Suite

18

05

SS

07

ES




18

04

SS

06

ES





SALEABLE FIGURE

FLOOR

ROOM TYPE

TOTAL

TWNSU

DBLU

DBLX

DB LE

SS

ES

PS

5

5

7

2

4




18

6

6

8

2

4




20

7

6

8

2

4




20

8

6

8

2

4




20

9

6

8

2

4




20

10

6

8

2

4




20

11

6

8

2

4




20

12

6

8

6

0




20

14

6

8

6

0




20

15

6

8

6

0




20

16

6

8

6

0




20

17

5

7

5

0




17

18





5

1

2

8

TOTAL

68

94

43

26

5

1

2

243

CHIAO TUNG RESTAURANT

Lokasi : Lantai 2

Waktu Operasional : Jam 06.00 s/d 23.00

Ext Number : 4120

Kapasitas : 110 s/d 140Orang

Pelayanan : 1. Breakfast Buffet

2. Dm Sum Buffet


KIRANA LOUNGE BAR

Lokasi : Lantai 1

Waktu Operasional : 24 Jam

Ext Number : 318

Kapasitas : 56 Orang

Pelayanan : Minuman beralkohol, non alcohol dan snack

Hiburan : Malam minggu jam 18.00 s/d 10.00

CT BAR RESTO

Lokasi :

Waktu Operasional :

Fasilitas :

MEETING ROOM

1. Rekso Grahadika Ballrooom

Lokasi : Lantai 1

Kapasitas : 350 s/d 700 Orang

2. Subhaya Meeting Room

Lokasi : Lantai 2

Kapasitas : 30 s/d 80 Orang

3. Abhimata Meeting Room

Lokasi : Lantai 3

Kapasitas : 30 s/d 80 Orang

4. La Tiga Board Room

Lokasi : Lantai 3

Kapasitas : 12 s/d 20 Orang

FITNES CENTRE

1. Fitnes & Swimming Pool

Waktu Operasional : Senin s/d Jum’at

Jam 07.00 s/d 09.00

Minggu jam 07.00 s/d 19.00

2. Massage & Spa

3. Waktu Operasional : Jam 09.00 s/d 24.00

2.6. TATA TERTIB KERJA DI MERCURE REKSO HAYAM WURUK

2.6.1. TATA TERTIB KEHADIRAN

· Jadwal/schedule training diatur oleh masing-masing bagian di deparemen yang bersangkutan.

· Traine melakukan absent di timekeeping-security office dilakukan dalam kondisi berseragam.

· Punch in - Punch out harus dilakukan sendiri.

· Keterlambatan masuk kerja mencapai 15 (lima belas) menit atau lebih dianggap melanggar tata tertib kecuali telah diberitahukan kepada atasan.

· Ketidakhadiran karena sakit wajib disertai surat keterangan sakit dari dokter yang berwenang.

· Ketidakhadiran karena hal-hal diluar sakit dibenarkan dengan pemberitahuan dan izin sebelumnya dari mentor.

· Ketidakhadiran 3 hari kerja berturut-turut tanpa keterangan apapun dianggap melalaikan pekerjaan dan dapat dikenakan sanksi berupa perhentian masa traine.

2.6.2. TATA TERTIB UMUM

· Seraham disediakan di hotel termasuk fasilitas pencucian seragam, namun setiap traine bertanggung jawab terhadap kondisi seragm tersebut.

· Traine diwajibkan untuk selalu menjaga kebersihan dan penampilan. Diwajibkan memakai tanda pengenal (name tag) selama bertugas. Bagi karyawan pria agar selalu bercukur. Tidak diperkenakan memelihara kumis atau jenggot selama bertugas. Bagi traine wanita berambut panjang sebaiknya rambut diikat rapi dengan jepit berupa pita warna hitam. Traine wanita yang bekerja di front office dan FB service departemen diwajibkan menggunakan stocking warna abu-abu gelap.

· Traine hanya menggunakan toilet atau kamar mandi di loker karyawan/ti atau mushola.

· Segala barang yang keluar dari hotel harus diperiksa pihak security, termasuk tas dan barang-barang bawaan lainnya. Tidak dibenarkan membawa barang milik perusahaan tanpa izin.

· Telepon yang masuk untuk traine akan diterima di personalia departemen, kemudian pesan yang disampaikan akan diteruskan pada traine yang bersangkutan.

· Traine berhak mendapat istirahat 1(satu) kali selama satu jam dalam tiap shift. Waktu istirahat yang dipergunakan untuk makan (di kamar staff) dan shalat bagi yang menjalankan. Kebersihan dan kerapihan kantin serta peralatan makan menjadi tanggung jawab setiap traine, tidak dibenarkan membawa peralatan makan keluar dari kantin.

· Waktu beribadah di luar jam istirahat diizinkan dengan persetujuan supervisor yang bertugas.

· Traine hanya dibenarkan menggunakan lift khusus karyawan kecuali bila berhubungan dengan tugas, (misalnya bellboy)

· Tidak dibenarkan memasuki kamar tamu tanpa seizing kepala departemen kecuali sedang dalam usaha pelayanan.

· Tidak diperkenakan mengunyah permen karet selama bertugas.

· Bila traine menemukan barang yang hilang atau tertinggal, harus menyerahkan barang temuan tersebut kebagian lost & found di housekeeping departemen atau melaporkan kebagian security tanpa mempertimbangkan jenis barang maupun nilainya.

· Dilarang memiliki dan atau menggunakan obat-obat terlarang, narkotika atau minuman yang mengandung alcohol didalam lingkungan perusahaan. Apalagi bertugas dibawah pengaruh zat tersebut.

· Dilarang membawa atau memiliki senjata api atau senjata tajam yang tidak digunakan untuk bertugas.

· Ketidakjujuran, penggelapan, penipuan, pencurian, barang-barang milik perusahaan atau milik orang lain sangat dilarang dan dapat mengakibatkan perhentian masa training.

· Dilarang mencoret-coret atau melakukan perbuatan lain yang dapat menimbulkan kerusakan bangunan ataupun peralatan perusahaan.

· Dilarang mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang disediakan untuk tamu atau memberikan makanan atau minuman kepada keluarga atau teman.

· Dilarang melakukan hal-hal asusila atau hal-hal tidak senonoh dilingkungan hotel.

· Dilarang bertingkah laku tidak pada tempatnya misalnya berlari-lari, berteriak-teriak, tertawa keras-keras diarea kerja.

· Tidak dibenarkan secara langsung maupun tidak langsung meminta tips dari para tamu perusahaan.

· Tidak dibenarkan menunjukan sikap atau sifat tidak terpuji kepada pelanggan, tamu perusahaan atau teman kerja.

· Tidak dibenarkan tidur saat bertugas.

· Dilarang merokok diarea kerja.

· Dilarang memulai atau terlibat perkelahian dengan sesama trine, karyawan lain, atasan maupun kepada departemen.

· Dilarang menceritakan rahasia perusahaan atau mencemarkan nama baik pimpinan perusahaan dan keluarganya yang seharusnya dirahasiakan.

2.7. LANDASAN TEORITIS

2.7.1. PENGERTIAN JOUSEKEEPING DEPARTEMENT

Housekeeping adalah suatu bagian yang terdapat didalam hotel yang berfungsi mengurus rumah tangga hotel. Selain itu housekeeping juga merupakan salah satu departemen yang memantau kebersihan dan perawatan kamar beserta seluruh area yang terdapat didalm suatu hotel.

2.7.2 TUJUAN HOUSEKEEPING DEPARTEMENT

Tujuan housekeeping adalah berusaha untuk memberikan kepuasan service kepada para tamu sehingga tamu akan merasa terpuaskan. Dengan memberikan pelayanan yang baik diharapkan para tamu akan merasa betah tinggal di hotel bagaikan di rumah sendiri. Housekeeping Departement sendiri berusaha untuk pelayanan terbaik sehingga tamu yang pernah menginap akan kembali ke hotel tersebut yang pada dasarnya memberikan pengaruh kepada pemasukan (income) keuangan pada hotel tersebut.



Semoga bisa bermanfaat contoh laporan ini ..



8 comments:

  1. salam sahabat
    ehm bagus juga iinfonya tentang Harry potter,oh iya apakah alamat Harry Potter masih tetep di brimingham mas???waktu saya surat menyurat dengan dia di situ seneng bangga saya dapetin foto asli dengan tanda tangan dan bukunya.
    oh iya dah saya follow kok good luck

    ReplyDelete
  2. salam sahabat,,
    saya rasa masih disana ,,
    waduh senengnya dapet foto + tanda tangannya,,
    tambah bukunya lagi..
    terima kasih ya udah follow.

    ReplyDelete
  3. Salam kenal mas. kalau dukanya bgm mas?

    ReplyDelete
  4. 1 CPU 5 User >> alhamdulillah belum ketemu dukanya, soalnya baru 2 minggu.
    salam blogger

    ReplyDelete
  5. numpang liwat om :?

    blog'a bagus...

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Pengikut

About Me

My Photo
Sandy Widayanto
Coretan seorang mahasiswa akuntansi yang bekerja untuk kuliah ..
View my complete profile

Total Pageviews