Travel, Fiksi, Movie, Ekonomi.

Sunday, August 2, 2009

Krakteristik dan Tips menjaga flashdisk panjang umur

Sebagaimana kita tahu kegunaan dari flashdisk adalah media untuk menyimpan data-data yang bisa kita bawa kemana-mana,yang bila kita pasang di komputer layaknya seperti hardisk mini yang isinya mencapai ratusan bahkan ribuan data,tapi belum banyak yang tahu kalau flashdisk itu berumur seperti lampu TL.Beberapa hal yang perlu diketahui tentang flashdisk(USB flashdisk murni,bukan MP3/MP4) diantaranya : USB flashdisk hanya bisa aktif bila ada arus listrik yang diperoleh dari port USB,dibeberapa flashdisk memerlukan arus listrik yang lebih besar dan kadang-kadang diharuskan untuk langsung ditancapkan di port motherboard biar terdeteksi,kabel yang terlalu panjang membuat flashdisk tak bisa dibaca karena kurangnya arus.flashdisk biasanya mempunyai ketahanan sampai 10 th. Di flashdisk kecepatan membaca lebih cepat daripada menulis,Flasdisk menggunakan Memory tipe Random akses yang tidak berpengaruh di kecepatan akses dan defragment filetidak diperlukan.File sistem yang digunakan flashdisk adalah FAT/FAT32 yang bisa diakses dimanapun,meskipun bisa di format dengan tipe sistem operasi seperti NTFS.Data-data di flashdisk bisa kita amankan dengan satu cara yaitu dengan meng-enkripsi data yang ada di flashdisk meskipun setiap membeli flashdisk disertakan software yang bisa mengunci,tapi tetap bisa dibuka di komputer yang tidak terdapat software tersebut.Kemungkinan USB flashdisk tidak rusak bila kena air atau terendam sekalipun asal dikeringkan dulu sebelum dipakai.

TIPS MENGGUNAKAN FLASHDISK BIAR LEBIH AWET :
  1. Jangan terlalu banyak menyimpan file di flashdisk kalau bisa lebih baik zip.
  2. Hindari mengedit langsung dari flashdisk dengan alternatif copy data di komputer,kemudian edit setelah selesai,baru di copy ke flashdisk.
  3. Lepas flashdisk bila tidak digunakan.
  4. Sebisa mungkin melepas flashdisk melalui safety remove hardware,hindari melepas langsung bila masih dalam proses membaca/menulis karena bisa rusak akibat arus listrik.


Tambahan :Bila membeli flashdisk,jangan melihat harganya tapi lihat garansinya,mahal sedikit tapi garansinya lebih lama.&nb sp;&nbs p;;& nbsp; &n bsp;&nb sp; &nbs p;;& nbsp;

2 comments:

Pengikut

About Me

My Photo
Sandy Widayanto
Coretan seorang mahasiswa akuntansi yang bekerja untuk kuliah ..
View my complete profile

Total Pageviews