Travel, Fiksi, Movie, Ekonomi.

Thursday, December 16, 2010

Misteri Lagu "Asereje"

Salam Blogger semua ... tau lagu Asereje??, lagu ini sempat nge hits sekitar tahun 2000an kalo g salah. lagu ini dikatakan sebagai lagu buat pemuja setan.. gtw juga, bener apa engga.. Berikut penjelasanya gan, cekibrot ...

Asereje, Lagu Setan ?
Sebuah rumor merebak tentang lagu hits Asereje yang dinyanyikan oleh Las Ketchup, bahwa lagu tersebut adalah lagu penyembahan setan. Dari liriknya yang campuran antara Inggris dan Spanyol disebutkan bahwa terselip lirik penyembahan terhadapan setan.

Kita mungkin berpikir bahwa karena itu lagu Spanyol, maka wajarlah
kalau kita nggak mengerti liriknya. Tapi ada satu fakta yang mengejutkan, bahwa bahkan orang Spanyol sendiri nggak mengerti lagu ini, karena ada banyak bagian-bagian yang bukan bahasa Spanyol. Tapi lagu yang mereka tidak mengerti ini, segera meluas menjadi
hits di Spanyol. Bahkan tim Bola Basket nasional Spanyol menggunakan laguini sebagai lagu maskot.

Perdebatan kemudian terjadi di negri itu, karena lagu ini disebutkan sebagai lagu yang meramalkan akan kedatangan sang Iblis dan sambutan akannya.
Coba perhatikan lyric Asereje dalam versi bahasa Inggris ini:
----------------------------------------
Friday night it's party time
feeling ready looking fine,
viene diego rumbeando,
with the magic in his eyes
checking every girl in sight,
grooving like he does the mambo
he's the man alli en la disco,
playing sexy felling hotter,
he's the king bailando et ritmo ragatanga,
and the dj that he knows well,
on the spot always around twelve,
plays the mix that diego mezcla con la salsa,
y la baila and he dances y la canta
Chorus:
asereje
----------------------------------------

----------
è ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
majavi an de bugui an de buididipi,
aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
majavi an de bugui an de buididipi
many think its brujeria,
how he comes and disappears,
every move will hypnotize you,
some will call it chuleria,
others say that its the real,
rastafari afrogitano
he's the man alli en la disco,
playing sexy felling hotter,
he's the king bailando et ritmo ragatanga,
and the dj that he knows well,
on the spot always around twelve,
plays the mix that diego mezcla con la salsa,
y la baila and he dances y la canta
------------------------------------
Bila kita lihat maka lagu ini, menceritakan seseorang yang sangat tampan rupawan mempesona dan menghipnotis siapa saja, yang bernama Diego. Dari informasi mantan penganut gereja Setan diketahui bahwa Diego adalah 'code name' dari Devil. Khusunya untuk daerah Amerika Selatan dan Spanyol.

Dan harus kita ingat, bahwa Lucifer adalah iblis yang rupawan dan ahli musik, termasuk dansa.

Perhatikan lirik awalnya tentang sebuah pesta pada Jumat malam (bukan malam Jumat). Ini merupakan hari kramat bagi setan dibarat (Kalau dinegeri kita yang keramat bagi setan itu kamis malam, atau malam jumat). Ingat film Friday the 13th ? Untuk penganut setan malam Jumat adalah malamdimana mereka mengadakan kebaktian dan pesta.

Perhatikan kombinasi ras si Diego , yaitu afro-gypsy Rastafarian. Sedangkan Afro atau Afrika terkenal dengan occultnya dan tari-tarian pemujaannya, sehingga mantra santet atau kutuk paling terkenal dan paling hebat datang dari Afrika yaitu Voodoo. Gypsy berbicara tentang peramal dan penyihir. Dan Rasta adalah sebuah mode yang lekat dengan pemberontakan dan Narkoba.

Ragatanga tidak memiliki arti apa-apa dalam bahasa Spanyol. Tapi seluruh Eropa tau bahwa Rangatanga adalah sebuah upacara pemanggilan kekuatan setan dari sebuah grup bi’dah yang bernama The Rouge.

Perhatikan lirik pada bait keduanya, menceritakan bagaimana Diego dapat datang dan menghilang sesuka hati. Lucifer memang punya prilaku itu dalam kebaktian yang diadakan untuknya. Datang dan pergi tidak ada yang tahu.

Kemudian Diego disebut brujeria, penulis coba mencari arti kata brujeria di Internet, dan anda akan terkejut bila anda mengetikan brujeria.com di browser anda. Anda akan melihat gambar kambing, yang merupakan lambang antikris, dan saat anda masuk dalam websitenya anda mungkin akan segera bergidik dan mual melihat kesadisan dalam web itu. Saya rasa tidak perlu lagi dijelaskan apa brujeria itu.

Nah sekarang kita sampai pada reff-nya yang heboh itu,
aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
majavi an de bugui an de buididipi,
aserejè ja de jè de jebe tu de jebere seibiunouva,
majavi an de bugui an de buididipi
Dalam bahasa Spanyol reff. ini nggak ada artinya, tapi bila dilagukan
dengan ritme seperti itu bagi orang Spanyol akan terdengar seperti,

"Jadilah sesat, Jehovah itu tidak ada... , (atau bisa berarti; sesat bila mempercayai Jehova) tinggalkan keberadaan/imanmu saat ini.... mereka akan datang kebawah,
dan mereka akan memandu kita Kathrine Marshal, yaitu manager dari Institut Paranormal South Hampton mengatakan; Bahwa dalam bahasa suku Assab di bagian barat laut Afrika, asereje mirip dengan dialek mereka dalam sebuah upacara pemanggilan arwah orang yang mati karena kecelakaan. Dan irama upacara pemanggilan arwah itu juga mirip dengan lagu asereje dalam versi perkusi dan tambur.

Asereje memang membius dunia, lagu ini bahkan lebih booming daripada lagu pendahulunya yaitu Macarena, bahkan sebuah radio diAmerika (WAMR FM 107.5) mengaku pernah memutar lagu ini hampir seratus kali dalam sehari. Memang mengherankan bila melihat lagu ini akan segera disukai oleh orang yang mendengarkannya, dan mereka tanpa sadar akan menyanyikannya berulang-ulang. Orang yang mendengarnya akan seperti terhipnotis mendengarkan iramanya.

Pihak Sony memberikan penjelasan resminya terhadap lagu ini, akibat penolakan gereja yang mulai meluas terhadap lagu ini diluar negri. Bahwa lagu ini bercerita tentang Diego, seorang Rasta Afro Gipsi. (Sebuah gabungan yang aneh seorang negro yang rasta dan juga seorang gipsi). Dan Diego ini menyukai lagu tahun 79 yang berjudul Rapper Delight yang dibawakan oleh Sugar Hill Gang. Dalam reff lagu itu berlirik seperti ini;

"I said a hip hop the hippie the hippie
to the hip hip hop, a you don't stop
the rock it to the bang bang boogie
say up jumped the boogie
to the rhythm of the boogie, the beat."

Namun karena si Diego tidak bisa berbahasa Inggris, maka yang dinyanyikan menjadi seperti Ase re je dilidahnya itu. Demikian penjelasan pihak Sony dan manager Las Ketchup.

Walaupun demikian gerakan penolakan terhadap lagu Asereje semakin meluas diluar negri.

Bagaimana dengan anda, bukan berarti melarang anda mendengarkan dan menyukai lagu ini. Tapi bukankah sebaiknya kita menghindarinya ? Sebelum rumor ini menjadi jelas dan dikonfirmasi oleh pihak-pihak yang ahli dan berkepentingan dalam hal ini.

Sumber :: http://desaryp.blogspot.com

5 comments:

  1. salam sahabat
    weleh lagu misteri asereje ini mengingatkan saya pada waktu perpisahaan sekolah dulu kalaupun lau tersebut dinyatakan lagu setan pastinya minim sekali publishnya yang jadi pertanyaan adalah lagu asereje tersebut hampir menguak dan melambung so waht happen in here really i dont know hehehe

    ReplyDelete
  2. lagu mistery suram campur keren lah om bagus bgt deh salam sahabat^^

    ReplyDelete
  3. wah...ternyata lagu aserehe (ane biasa blg begitu) artinya parah ya gan...
    makasih infonya...

    ReplyDelete
  4. WAH,,serem juga lagu Asereje itu... nice post gan.. makin tambah aja pengetahuanku..

    ReplyDelete
  5. Mba' Dhana :: Perpishan ko' lagu ini mba' ??
    rikay :: Salam Sahabat
    Chandra :: Sama" Kang
    Sofil :: Thx

    ReplyDelete

Pengikut

About Me

My Photo
Sandy Widayanto
Coretan seorang mahasiswa akuntansi yang bekerja untuk kuliah ..
View my complete profile

Total Pageviews